Smartphone Android Anda Usia 5 Tahun Keatas Terasa Lemot Digunakan? Ini Sebabnya

0
11
views

Banyak orang memang lebih memilih bertahan menggunakan smartphone Android lamanya. Pasalnya, memang sebenarnya smartphone Android itu cukup tahan lama jika digunakan sesuai dengan kemampuan spesifikasinya.

Namun sayangnya, kebanyakan smartphone Android yang usianya sudah lebih dari 5 tahun keatas itu sudah terasa lemot ketika digunakan di masa sekarang. Padahal, secara fisik smartphone Android yang usianya sudah 5 tahun itupun masih sering terlihat sangat baik.

Lalu kenapa smartphone Android yang usianya sudah lebih dari 5 tahun keatas itu mulai terasa lambat? Ternyata, masalah tersebut memang dipicu karena banyak faktor.

6 alasan smartphone android umur 5 tahun keatas terasa makin lambat ketika digunakan » Smartphone Android Anda Usia 5 Tahun Keatas Terasa Lemot Digunakan? Ini Sebabnya

Berikut ini adalah beberapa faktor yang paling sering jadi alasan kenapa smartphone Android yang usianya sudah lebih dari 5 tahun tetap terasa lambat ketika digunakan meskipun kondisi fisik masih sangat bagus:

  1. Komponen utama sudah mengalami penurunan performa

Karena sudah digunakan cukup lama, sudah dapat dipastikan jika komponen utama di dalam smartphone Android mengalami penurunan performa.

Karena komponen mengalami penurunan performa, secara otomatis smartphone Androidpun akan terasa sangat lambat ketika digunakan.

Penurunan performa komponen utama smartphone Android ini adalah salah satu faktor yang memang tidak mungkin bisa dihindari. Pasalnya, komponen elektronik sudah pasti akan menurun performanya seiring berjalannya waktu.

  1. Kapasitas memori penyimpanan sudah sangat minim

Alasan berikutnya kenapa smartphone Android yang usianya sudah lebih dari 5 tahun itu makin terasa lambat adalah karena kapasitas memori penyimpanannya sudah sangat minim.

Ketika memori internal sebuah smartphone Android sudah terlalu penuh, maka performa sistem operasi yang dijalankan di dalam smartphonepun akan makin mengalami penurunan.

Namun untuk masalah ini memang masih bisa diatasi dengan menambahkan memori eksternal seperti microSD.

  1. Aplikasi yang digunakan semakin memakan RAM

Faktor berikutnya yang juga membuat smartphone Android usia 5 tahun keatas makin terasa lambat ketika digunakan adalah karena banyaknya aplikasi yang terus diperbarui.

Semakin tinggi versi aplikasi yang terpasang di dalam smartphone Android itu biasanya makin banyak memakan kapasitas RAM.

Hal tersebut disebabkan karena memang aplikasi-aplikasi versi baru ini tidak lagi dibuat sesuai dengan spesifikasi smartphone Android usia 5 tahun keatas.

Oleh sebab itu, tidak heran jika smartphone Android usia 5 tahun keatas terasa makin lambat ketika menjalankan aplikasi versi terbaru.

  1. Terlalu banyak file cache yang berjalan di background

Semakin tua usia pakai sebuah smartphone Android biasanya juga mempengaruhi jumlah file cache yang berjalan di background.

Jika smartphone Android yang anda miliki sudah berusia lebih dari 5 tahun dan memang terus menerus anda gunakan, maka sudah dapat dipastikan di dalamnya pasti ada ribuan file cache yang berjalan di background.

Ribuan file cache tersebut yang menjadi salah satu faktor kenapa smartphone Android usia 5 tahun keatas terasa makin lambat ketika digunakan.

  1. Sistem pendingin di dalam smartphone sudah tidak berfungsi secara maksimal

Selain karena masalah komponen yang memang mengalami penurunan performa, lambatnya smartphone Android yang sudah berusia 5 tahun keatas juga biasanya sering terjadi karena sistem pendingin di dalam smartphone sudah tidak berfungsi secara maksimal lagi.

Ketika sistem pendingin di dalam smartphone Android sudah tidak bisa berfungsi secara maksimal, maka secara otomatis smartphone akan makin terasa lambat. Pasalnya semakin panas suhu komponen smartphone, maka performanya akan makin tidak stabil.

  1. Sudah tidak mendapatkan pembaruan sistem operasi lagi

Performa smartphone Android yang usianya 5 tahun keatas terasa makin lambat juga disebabkan karena sudah tidak mendapatkan pembaruan sistem operasi dari vendor.

Dengan berhenti mendapatkan pembaruan sistem operasi, secara otomatis performa smartphone sudah tidak bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan masa sekarang.

Sekarang sudah paham bukan kenapa banyak smartphone Android yang tidak bisa digunakan secara nyaman ketika usianya sudah lebih dari 5 tahun?

Oleh sebab itu, konsumen memang paling aman disarankan untuk ganti smartphone paling lama 3 tahun sekali. Pasalnya, vendor smartphone Android biasanya hanya memberikan pembaruan sistem operasi pada satu seri smartphone Android selama 3 tahun saja.