Smartphone Jatuh Ke Dalam Air? Jangan Panik, Ini yang Harus Segera Dilakukan

0
51
views

Musuh utama smartphone yang tidak memiliki sertifikasi MIL STD 810G ataupun IP68 itu memang adalah air. Jika sampai tidak sengaja terjatuh kedalam air, smartphone bisa mengalami kerusakan parah.

Namun untungnya, smartphone yang tidak sengaja terjatuh ke dalam air itu sebenarnya masih bisa diselamatkan. Namun masalahnya, banyak pengguna smartphone yang belum tau bagaimana caranya menyelamatkan smartphone yang tidak sengaja terjatuh ke dalam air.

Mau tau apa saja yang harus anda lakukan jika sampai smartphone yang anda gunakan tidak sengaja terjatuh ke dalam air? Jika anda ingin tau mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 5 Hal yang Wajib Segera Dilakukan Untuk Menyelamatkan Smartphone yang Tidak Sengaja Terjatuh Ke dalam Air

tips cara menyelamatkan smartphone yang jatuh ke dalam air » Smartphone Jatuh Ke Dalam Air? Jangan Panik, Ini yang Harus Segera Dilakukan

Bagi anda yang tidak sengaja menjatuhkan smartphone kedalam air, dan smartphone yang anda jatuhkan tersebut tidak memiliki sertifikasi MIL STD 810G ataupun IP68, maka anda disarankan untuk segera melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Angkat smartphone dari dalam air dan matikan

Hal pertama yang wajib segera harus anda lakukan untuk menyelamatkan smartphone yang tidak sengaja terjatuh kedalam air adalah segera mengambilnya dan juga mematikannya.

Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi konslet atau hubungan pendek karena adanya air yang masuk kedalam komponen smartphone.

  1. Cabut baterai smartphone

Setelah berhasil mematikan smartphone, ada baiknya anda juga cabut baterai smartphone sehingga masalah konslet atau hubungan pendek benar-benar bisa diminimalisir.

Jika smartphone yang anda miliki sudah menggunakan baterai tanam atau non removable baterai, anda disarankan untuk membuka cover bagian belakang smartphone dan mencongkel soket baterai dari motherboard.

Namun jika anda belum pernah membuka cover smartphone dengan baterai non removable, anda disarankan untuk lebih berhati-hati, terutama jika ada sensor pemindai sidik jari yang terpasang di cover belakang smartphone anda.

  1. Keringkan semua komponen smartphone

Jika anda sudah berhasil melepas baterai smartphone, maka selanjutnya yang harus anda lakukan untuk bisa menyelamatkan smartphone yang baru saja masuk kedalam air adalah mengeringkannya.

Cara yang paling efektif untuk mengeringkan smartphone yang baru saja masuk kedalam air adalah dengan memasukkannya kedalam plastik bersamaan dengan silica gel.

Silica gel tersebut bisa membantu mengurangi kelembaban yang ada di dalam komponen smartphone yang baru saja masuk kedalam air.

Namun jika memang anda tidak memiliki silica gel, anda bisa menggantinya dengan beras. Anda bisa mengurangi kelembaban di dalam smartphone yang baru saja masuk kedalam air dengan mengubur smartphone kedalam beras.

Setelah itu, diamkan smartphone selama 24 jam dalam kondisi terkubur di dalam beras ataupun silica gel.

  1. Cek ada tidaknya tanda-tanda korosi di dalam komponen smartphone

Setelah dikeringkan selama 24 jam di dalam beras ataupun slicia gel, keesokan harinya anda bisa mulai cek ada tidaknya tanda-tanda korosi di dalam komponen smartphone.

Tanda-tanda jika ada komponen yang mengalami korosi di dalam smartphone adalah dengan melihat ada tidaknya komponen yang diselimuti dengan serbuk berwarna putih.

Jika anda menemukan ada komponen yang terkubur serbuk berwarna putih, maka itu tandanya ada komponen yang mengalami korosi.

Anda bisa membersihkan korosi pada komponen smartphone tersebut dengan menggunakan bantuan minyak kayu putih.

  1. Pasang kembali baterai dan coba hidupkan smartphone

Setelah memastikan bahwa semua korosi sudah dibersihkan, maka selanjutnya anda bisa mencoba memasang kembali baterai kedalam smartphone.

Selain memasang kembali baterainya, anda juga bisa mencoba menghidupkan kembali smartphone yang tidak sengaja jatuh kedalam air tersebut.

Jika smartphone berhasil hidup, usahakan untuk jangan menggunakannya terlebih dahulu. Cek terlebih dahulu apakah smartphone tersebut masih bisa menangkan sinyal provider dan juga sinyal WiFi.

Dan yang terakhir, pastikan juga untuk mencoba melakukan pengisian daya baterai. Jika proses pengisian daya baterai bisa berjalan lancar, maka smartphone anda berhasil diselamatkan.

Jadi intinya, smartphone yang secara tidak sengaja terjatuh ke dalam air itu sebenarnya masih bisa diselamatkan asalkan anda bisa bertindak cepat.

Makin lambat anda mematikan dan melepas baterai dari dalam smartphone, maka akan semakin sulit menyelamatkan smartphone yang tidak sengaja terjatuh kedalam air.