Smartphone Layar Kecil atau Besar, Mana yang Lebih Menguntungkan bagi Pengguna?

0
43
views

Sebelum bicara soal teknologi yang tersemat di dalam sebuah smartphone, biasanya kebanyakan orang lebih dulu berbicara soal ukuran layar sebuah smartphone.

Kalau bicara soal ukuran layar, memang mayoritas vendor smartphone terkenal itu meluncurkan smartphone dengan ukuran layar diatas 6 inch. Hanya sedikit seri smartphone baru yang memiliki layar kurang dari 6 inch.

Berbicara soal ukuran layar tersebut, apakah memang smartphone yang punya ukuran layar yang lebih besar itu bisa memberikan keuntungan lebih banyak pada pengguna?

Bagi anda yang penasaran mengenai mana yang lebih menguntungkan pengguna antara smartphone layar kecil atau besar, anda bisa simak pembahasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Mana yang Lebih Menguntungkan Antara Smartphone Dengan Layar Lebar atau Kecil?

Untuk menentukan mana yang lebih menguntungkan pengguna antara memiliki smartphone dengan layar berukuran besar dan juga kecil, sebenarnya memang tidak mudah.

Ada banyak sekali hal yang perlu diketahui untuk bisa menentukan mana yang lebih menguntungkan bagi pengguna smartphone.

pertimbangan bagi pengguna pilih smartphone layar kecil atau besar » Smartphone Layar Kecil atau Besar, Mana yang Lebih Menguntungkan bagi Pengguna?

Salah satu hal yang wajib diketahui untuk bisa menentukan mana yang lebih menguntungkan bagi anda yang mau menggunakan smartphone berlayar besar atau kecil sebenarnya adalah kelebihan dan kekurangan dari keduanya terlebih dahulu.

Dengan mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari smartphone berlayar besar dan kecil, anda bisa menentukan mana yang lebih tepat untuk anda.

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Dengan Layar Kecil

Seperti yang sering disebutkan oleh beberapa orang, smartphone yang punya layar berukuran kecil itu memang punya beberapa kelebihan dibandingkan dengan smartphone dengan layar berukuran lebih dari 6 inch.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan smartphone dengan layar kurang dari 6 inch:

  • Lebih mudah dibawa

Karena ukurannya yang masih terbilang kecil, smartphone yang punya layar berukuran kurang dari 6 inch jauh lebih mudah dibawa.

Pasalnya, anda masih bisa membawanya di dalam kantong celana ataupun kantong baju tanpa perlu kehilangan kenyamanan.

Berbeda halnya dengan smartphone yang punya layar berukuran lebih dari 6 inch. Hampir tidak mungkin smartphone tersebut bisa dibawa di kantong celana atau baju lagi.

  • Lebih hemat baterai

Selain lebih mudah dibawa, smartphone yang ukuran layarnya kurang dari 6 inch itu memang jauh lebih hemat baterai.

Kenapa? Karena ukuran layar yang besar sudah pasti akan menyedot lebih banyak daya baterai. Sedangkan pada smartphone yang layarnya kurang dari 6 inch jelas lebih sedikit mengkonsumsi daya baterai.

Oleh sebab itu, smartphone yang memiliki layar berukuran kurang dari 6 inch biasanya lebih hemat daya.

Namun sekali lagi, smartphone yang ukuran layarnya kurang dari 6 inch itu juga punya beberapa kekurangan.

Salah satu kekurangan terbesarnya adalah resolusi layarnya yang masih jelek. Oleh sebab itu, smartphone dengan ukuran layar kurang dari 6 inch akan sangat tidak nyaman ketika digunakan untuk tujuan multi media.

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Dengan Layar Besar

Seperti halnya smartphone dengan layar kecil atau kurang dari 6 inch, smartphone dengan layar yang dikategorikan besar itu juga punya kelebihan dan juga kekurangan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Memiliki lebih banyak ruang untuk menambahkan teknologi baru

Salah satu alasan kuat kenapa mayoritas vendor smartphone terkenal mulai meluncurkan smartphone dengan layar berukuran lebih dari 6 inch adalah agar mereka memiliki lebih banyak ruang.

Ruang di dalam smartphone tersebut dibutuhkan oleh vendor untuk menyematkan berbagai teknologi baru yang sebelumnya tidak pernah ada.

Jadi bisa dikatakan, ukuran layar smartphone yang makin lama makin besar itu hanyalah bonus saja untuk pengguna.

  • Memiliki resolusi yang lebih tinggi

Kegunaan smartphone di masa kini memang sudah bukan hanya sebagai alat komunikasi saja.

Selain untuk alat komunikasi, smartphone di masa kini juga mulai digunakan sebagai perangkat multi media.

Smartphone mulai digunakan untuk bermain game dan juga menonton video. Oleh sebab itu, untuk memastikan pengguna makin merasa nyaman, dibutuhkan layar yang ukurannya lebih besar.

Pasalnya, makin besar ukuran layarnya, makin besar pula resolusinya. Ketika resolusi layarnya makin besar, maka kualitas visual yang bisa ditampilan di dalam layar akan makin bagus.

Namun sekali lagi, sama dengan smartphone dengan layar yang ukurannya kecil atau dibawah 6 inch, smartphone yang punya layar besar itu juga punya beberapa kekurangan.

Salah satu kekurangan dari smartphone yang punya layar besar itu adalah memiliki ketahanan bodi yang lebih buruk daripada smartphone yang memiliki layar berukuran kecil.

Selain itu, smartphone dengan layar berukuran besar atau lebih dari 6 inch juga tidak mudah dibawa. Pada umumnya, pengguna mau tidak mau harus membawa tas untuk membawa smartphone dengan layar besar.

Lalu manakah yang terbaik antara smartphone dengan layar besar dan layar kecil? Semua itu kembali lagi pada kebutuhan anda sendiri. Jika anda memang butuh smartphone yang canggih, sudah pasti mau tidak mau anda harus memilih smartphone dengan layar besar.

Pasalnya, smartphone dengan layar besar itu sudah dipastikan memiliki lebih banyak fitur yang lebih canggih.