Tips Memilih Charger Smartphone After Market yang Dijamin Aman dan Awet

0
14
views

Menggunakan charger smartphone after market memang tidak begitu disarankan. Yang paling disarankan memang adalah menggunakan charger bawaan saat membeli smartphone. Namun terkadang memang mau tidak mau pengguna harus memilih menggunakan charger smartphone after market. Salah satunya ketika charger original smartphone mengalami kerusakan.

Ketika memang terpaksa harus menggunakan charger smartphone after market, anda memang disarankan untuk teliti dalam memilih charger tersebut.

Lalu bagaimana caranya memilih charger smartphone after market yang bukan hanya awet namun juga aman untuk mengisi daya baterai smartphone anda? Jika anda mau menggunakan charger smartphone after market, anda bisa baca beberapa tips memilih charger after market yang berkualitas di dalam artikel ini.

5 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Charger Smartphone After Market

panduan memilih charger smartphone after market yang dijamin aman dan awet » Tips Memilih Charger Smartphone After Market yang Dijamin Aman dan Awet

Jika anda terpaksa harus menggunakan charger smartphone after market karena sudah sangat sulit mendapatkan charger original untuk seri smartphone anda, maka anda wajib memperhatikan beberapa faktor penting berikut ini ketika memilih charger smartphone after market:

  1. Frekuensi yang didukung oleh charger smartphone

Faktor pertama yang wajib anda perhatikan ketika mau membeli charger smartphone after market adalah bagian frekuensinya.

Bagaimana cara mengetahui frekuensi sebuah charger smartphone? Caranya adalah dengan melihat informasi input charger tersebut.

Untuk penggunaan charger di negara Indonesia, pastikan charger smartphone after market yang mau anda beli atau gunakan mendukung frekuensi 100-240 Volt dengan 50/60 Hz. Frekuensi 50/60 Hz tersebut adalah frekuensi listrik standard dari PLN.

  1. Output charger smartphone after market

Setelah memperhatikan bagian frekuensi charger smartphone after market, berikutnya yang harus anda perhatikan juga adalah bagian output charger.

Pada saat memperhatikan output charger smartphone after market ini, anda harus menyesuaikannya dengan kapasitas baterai yang digunakan di dalam smartphone.

Ketika memilih charger smartphone after market, pastikan output charger tidak lebih besar dari kapasitas baterai smartphone.

Hal ini sangat penting karena jika charger smartphone after market yang anda gunakan memiliki output lebih besar dari kapasitas baterai smartphone, maka baterai smartphone dan komponen IC power berpotensi lebih cepat mengalami kerusakan.

Pasalnya, charger smartphone after market yang outputnya lebih besar dari kapasitas baterai smartphone akan memicu masalah kelebihan tegangan.

  1. Dukungan fitur fast charging sesuai dengan spesifikasi smartphone

Jika masalah frekuensi dan juga output charger smartphone after market sudah sesuai dengan yang dibutuhkan smartphone yang anda miliki, maka hal selanjutnya yang juga perlu anda perhatikan adalah dukungan fitur fast charging.

Hampir semua charger smartphone after market memang sudah mengusung teknologi fast charging. Namun pastikan bahwa spesifikasi fitur fast charging yang didukung oleh charger smartphone after market tersebut sesuai dengan yang digunakan di smartphone anda.

Menggunakan charger smartphone after market yang memiliki fitur fast charging yang tidak sesuai dengan smartphone anda justru akan membuat fitur fast charging di dalam smartphone anda tidak bisa berfungsi.

  1. Fitur tambahan yang tidak dimiliki charger original

Jika memungkinkan, pastikan juga untuk memilih menggunakan charger smartphone after market yang memiliki fitur tambahan yang sama sekali tidak dimiliki charger original.

Salah satu contoh fitur tambahan yang sebenarnya sangat menguntungkan pengguna charger smartphone after market adalah port magnetic.

Dengan menggunakan port magnetic tersebut, charger smartphone after market akan jauh lebih awet karena kabel akan sangat jarang ditarik saat selesai melakukan pengisian daya baterai.

  1. Merek charger smartphone after market yang terkenal dengan kualitasnya

Faktor terakhir yang juga wajib anda perhatikan ketika mau membeli dan menggunakan charger smartphone after market adalah mereknya.

Pastikan untuk memilih charger smartphone after market yang memang mereknya sudah terkenal berkualitas.

Jangan sekali-sekali memilih charger smartphone after market yang mereknya belum begitu dikenal hanya karena harganya jauh lebih murah.

Namun sekali lagi, meskipun memang banyak charger smartphone after market yang berkualitas, sebenarnya tetap lebih baik melakukan pengisian daya baterai menggunakan charger bawaan smartphone.