Tips Memperpanjang Usia Pakai Power Bank

0
5
views

Dari sekian banyak aksesoris untuk smartphone, power bank adalah salah satu aksesoris yang paling sering digunakan. Power bank menjadi solusi paling cepat dan juga aman untuk melakukan pengisian daya baterai smartphone yang sudah habis dalam kondisi darurat.

Namun sayang, meskipun menjadi aksesoris yang paling sering digunakan, banyak orang sama sekali tidak merawat power bank yang dimilikinya. Padahal jika dirawat dengan benar, usia pakai sebuah power bank akan jauh lebih panjang.

Lalu seperti apakah cara untuk bisa memperpanjang usia pakai sebuah power bank itu? Bagi anda yang mau bisa memperpanjang usia pakai power bank, anda bisa terapkan beberapa tips mudah yang dijabarkan di artikel ini.

Ini 5 Tips Mudah Untuk Memperpanjang Usia Pakai Power Bank

Sebuah power bank akan lebih cepat drop ketika digunakan dengan cara yang salah. Ada banyak sekali cara untuk bisa memperpanjang usia pakai sebuah power bank.

cara agar usia pakai power bank lebih panjang » Tips Memperpanjang Usia Pakai Power Bank

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memperpanjang usia pakai power bank yang anda miliki:

  1. Lakukan pengisian ulang ketika daya power bank hanya tinggal 15%

Banyak orang menganggap bahwa sebuah power bank itu tidak boleh digunakan hingga hampir habis dan baru diisi ulang.

Oleh sebab itu, banyak orang menjadi lebih sering mengisi ulang power bank yang dimilikinya. Sekilas memang hal tersebut terlihat sebagai cara yang paling tepat.

Namun faktanya, baterai yang digunakan di dalam power bank justru akan lebih cepat drop ataupun mengalami kerusakan ketika terlalu sering diisi ulang.

Power bank memang disarankan hanya diisi ulang ketika dayanya hanya tinggal 15% saja atau kurang. Dengan begitu, maka baterai power bank akan jauh lebih awet.

  1. Hindari menyimpan power bank di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin

Karena di dalam power bank bukan hanya baterai saja namun juga terdapat banyak komponen penting, maka sangat dianjurkan untuk tidak menyimpan power bank secara asal-asalan.

Power bank disarankan untuk disimpan di tempat yang tidak terlalu panas namun juga tidak terlalu dingin.

Jika disimpan di tempat yang terlalu panas maupun terlalu dingin, dikhawatirkan komponen penting dan juga cell baterai power bank bisa mengalami kerusakan.

  1. Hindari menjalankan aplikasi berat di smartphone ketika sedang mengisi daya dengan power bank

Tips berikutnya yang bisa anda gunakan untuk memperpanjang usia pakai sebuah power bank adalah menghindari menjalankan aplikasi berat di smartphone ketika seadng melakukan pengisian daya menggunakan power bank.

Jika anda tetap menjalankan aplikasi yang terlalu berat di smartphone ketika sedang mengisi daya dengan power bank, maka daya yang diisi dari power bank hanya akan terbuang sia-sia.

Dan lagi, kebiasaan menggunakan aplikasi berat selama melakukan pengisian daya smartphone menggunakan power bank juga berpotensi meningkatkan suhu power bank.

  1. Jangan terlalu sering overcharge pada power bank

Selain mengisi daya power bank ketika dayanya hanya tinggal 15% saja, anda juga tidak dianjurkan untuk overcharge ketika melakukan pengisian daya power bank.

Terlalu sering melakukan overcharge pada power bank justru akan mempercepat kerusakan pada cell baterai.

Sebuah power bank yang terlalu sering overcharge biasanya tidak akan bisa melakukan pengisian baterai smartphone dengan maksimal lagi.

  1. Jangan sampai power bank mengalami benturan

Hal terakhir yang juga perlu anda jaga agar bisa memperpanjang usia pakai sebuah power bank adalah jangan sampai power bank yang anda miliki mengalami benturan.

Kenapa? Karena ketika mengalami benturan, power bank bisa mengalami kerusakan terutama pada bagian komponen dan juga jalur penghubung antar baterai di dalamnya.

Selain 5 hal tersebut, sebenarnya anda juga bisa memperpanjang usia pakai sebuah power bank dengan membatasi penggunaannya.

Sebisa mungkin isi ulang daya baterai smartphone dengan menggunakan listrik ketika berada di rumah. Gunakan power bank jika benar-benar dalam kondisi darurat saja, seperti misalnya sedang dalam perjalanan.

Dengan begitu, maka usia pakai power bank yang anda milikipun akan makin lama dan tentunya bisa terus menerus berfungsi secara maksimal.